Home

Program Kecil Penyimpan Password (SUPER AMAN!!)

Coba anda ingat-ingat lagi berapa banyak akun yang anda miliki di internet. Baik dari email, facebook, friendster, twiiter, skype, outlook atau bahkan untuk masuk ke sistem windows anda sekarang pun memakai password.  Itu masih berupa data akun yang umum, belum lagi jika anda pernah masuk ke suatu forum untuk mendownload film atau buku terkadang anda diharuskan untuk mendaftar. Woouwwww.. tak terkira banyaknya data username dan data password yang anda miliki.

Permasalahannya sekarang bisakah anda mengingat semuanya baik username dan password yang anda pakai?? Pasti susah kan?? Hehehe..

Umumnya ada 3 tipe user pengguna password, dan saya yakin anda salah satunya :) 

  • User yang menerapkan cara all in one, (1 password untuk semua akun) hal ini tidak menjadi masalah. Namun cara ini memiliki resiko yang sangat besar. Bisa dibayangkan jika ada orang yang mengetahui username dan password anda satu-satunya, maka semua akun yang anda miliki dapat dibajak dengan seketika. Oke jika anda sudah menggunakan password yang paling panjang dan susah ditebak mungkin anda merasa yakin sudah aman. Tapi ingat kecerobohan kadang terjadi secara tidak sengaja dan tidak anda sadari. :)

  • User yang menggunakan cara different for all, (password berbeda untuk setiap akun) akan memiliki keamanan yang lebih terjamin. Misalnya password facebook anda diketahui oleh orang lain, anda masih bisa mengambil alihnya lewat email. Tentunya si pencuri akun tidak mengetahui password email anda karena menggunakan password yang berbeda. Masalah yang dimiliki bagi yang menggunakan cara ini adalah sering melupakan username dan password yang dulu pernah dibuat. (Saking banyaknya sih :)

  • User yang menggabungkan cara all in one dan different for all. Ini adalah solusi yang menurut saya lumayan baik dimana kita dapat memanajemen semua data rahasia hanya dengan menggunakan satu password. Untuk menerapkan cara ini anda harus menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu menggunakan software tambahan. Salah satunya adalah Locknote. Mengenai penjelasnnya anda dapat melihatnya dibawah ini.

Jika belum punya anda dapat mendownloadnya disini. Ukuran filenya kecil koq, tidak sampai 1 Mb. Sifatnya juga portable tanpa perlu proses instalasi.

Penggunaan Program Locknote

Pada saat membuka program pertama kali, setting dahulu password yang akan anda gunakan. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

image 

Isi password yang akan anda gunakan sesuai yang terlihat pada gambar dibawah ini. Password ini wajib untuk selalu diingat (): 

image 

Setelah password disetting, anda sudah dapat membuat data password yang anda miliki. Ingat sebelum menutup program untuk selalu menyimpan data yang sudah dibuat:

image

Ketika anda membuka program Locknote lagi, anda diharuskan untuk menginput pasword 

image

Kesimpulannya  dengan satu password untuk program locknote anda dapat memproteksi semua password yang anda miliki. Dan sebaiknya password yang anda gunakan dalam program Locknote ini benar-benar aman. Dalam artian tidak mudah ditebak oleh orang lain dan hanya anda sendiri yang mengetahuinya.

Semoga bermanfaat :)

original wriited by @_kazuma

6 komentar:

  1. seratus persen aman gag nie? entar bocor bisa berabe kan..:)

    BalasHapus
  2. aman asal sesuai aturan pakai, hehe.. yg ptg password untuk locknote nya bener-bener dijaga ;;)

    BalasHapus
  3. mampir sobb... Blognya bagus,
    temanku ada yg pasword emailnya di bajak dan semua akunnya akhirnya dibajak kuga,dia memakai pasword yang sama untuk semua akun

    BalasHapus
  4. Thanks bro ...coba dulu ...

    BalasHapus
  5. @yayan: ok bro, thx kunjungannya

    BalasHapus