Home

Utak-Atik Folder Yang Terhidden Akibat Virus (Recovery Windows Folder)

Minggu kemarin dapat pasien baru lagi ni, hehe.. sebuah flashdisk yang semula terinfeksi virus komputer. Virusnya sih sudah hilang tapi folder yang semula ada di flashdisk ter-hidden semua. Dan untuk menipu user yang masih awam semua folder tersebut dibuatkan shorcut yang apabila di klik 2x malah akan mengaktifkan virus.  Hal ini memang biasa terjadi dimana virus sudah dapat dibersihkan oleh antivirus, namun kadang efeknya masih tersisa. salah satu contohnya disini adalah efek dimana semua folder propertinya berubah menjadi hidden.

 

Virusnya memang sudah dibabat habis, cuma masalahnya sekarang status hidden folder tidak dapat dihilangkan dengan cara biasa (Klik Kanan properties, terus hilangkan centang pada status hidden). Ckckc.. Kayaknya status hiddennya terkunci ni. Yah seperti biasa saya mencari solusi dengan berkunjung ke rumah Om Google. hehehe…. Dari jawaban yang jumlahnya segunung terdapat beberapa cara yang memiliki solusi yang hampir sama. Mengenai lebih jelasnya dapat dilihat pada salah satu artikel ini. 

Yupp.. Coba dulu ah.. n Jrengg… Jrengg… Muncul Pesan seperti ini :

imageBuset dahh… Gagal ternyata gara-gara folder autorun.inf…  _ _”

Coba cek flashdisk anda, apa disana juga ada folder autorun.inf?? Jika anda menggunakan antivirus smadav kemungkinan besar di dalam flashdisk anda sudah ada folder ini. Salah satu kerja antivirus smadav adalah membuat folder autorun.inf secara otomatis. Hal ini dimaksudkan agar virus yang mencoba masuk ke dalam flashdisk tidak dapat membuat file autorun. Memang di satu sisi hal ini memberi keuntungan karena dapat mencegah masuknya virus. Namun sifatnya yang terprotected membuat saya tidak nyaman menggunakan antivirus ini karena membuat kebebasan saya terbatasi untuk mengubah-ngubah properti file. Saya lebih suka jika saya yang memegang kontrol semua pengaturannya, hahahaha.. 

Karena kesal saya utak-utak saja folder itu:

Pertama saya coba untuk mendelete file autorun itu, tapi sayang gagal, perubahannya cuma yang semula dari bentuk file berubah menjadi folder (Ck… Proteksinya jadi bkin ksel ni).

Langkah kedua saya ubah property nya dari read only jadi kosong….. n gagal juga..  Fiuhh..

Langkah ketiga muncul ide gila, hmmm… kalau tidak bisa di delete bagaimana kalau di cut? Iseng saya coba….. eh ternyata BISA. Folder saya pindahkan ke dalam folder lain.  

Yuuppp.. file pengganggu sudah berhasil disingkirkan. Saatnya mengulang langkah seperti pada gamber diatas….. H A S I L N Y A……….

 image Wahhh, koq sama??

Eiittt….. jangan salah dulu, tidak sama koq. coba anda cek flashdisk anda. File yang tadinya terhidden sudah kembali seperti semula.

Lho Koq?? Bingung y ?_? Hehehe….

Sebenarnya proses pengembalian folder sudah berjalan, hanya saja proses berhenti ketika sampai pada pengecekan folder autorun.inf. Lihat saja pada gambar diatas, terdapat perbedaan kecil yang mungkin tidak anda sadari. Proses sudah berjalan dan berhenti ketika mengecek folder 1407 yang didalamnya terdapat file autorun.inf.  Hal ini tidak jadi masalah karena yang terpenting proses sudah berhasil dijalankan. Jika ingin mengembalikan semua file yang terhidden langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah membuat folder dengan nama zz (karena folder ini pasti diproses paling terakhir). Kemudian cut file autorun.inf ke dalam folder zz. Terakhir tinggal mengikuti prosedur seperti dalam gambar.


Selamat mencoba……  semoga artikel ini dapat memberikan sedikit bantuan :D

original writted by @_kazuma

1 komentar:

  1. Terima Kasih Banyak, sangat - sangat membantu informasinya. Akhirnya bisa mendapatkan kembali folder yang sy kira hilang -_- ...^_^

    BalasHapus