Home

Penanganan Komputer Yang Sudah “TERINFEKSI” Virus

Berbagi cerita berdasarkan pengalaman pribadi, dimana sering dapat pasien yang komputernya sudah terinfeksi virus komputer. Sebenarnya penanganannya tidak terlalu ribet, dimana yang dibutuhkan cuma 1 instaler antivirus dan 1 file update untuk antivirus tersebut. Biasanya antivirus yang saya pakai antara Avira Antivir atau AVG antivirus (not for promotion). Kedua antivirus tersebut sudah terbukti beberapa kali ampuh membasmi virus yang sering saya temui. Selain itu antivirus ini juga bersifat gratis, jadi tidak perlu lagi nyari crack atau keygen lah. Malah antivirus yang ada keygen/crack sering mengandung trojan – salah satu virus internet.

Kadang komputer yang sudah terkena virus bekerja sangat lambat, bahkan untuk membuka file pun bisa membutuhkan waktu lebih dari 10 menit. Hal ini terjadi karena proses virus mengambil alih semua source memory. Namun tidak semua virus lho :) Ada juga kasus  dimana saat ingin menginstal antivirus, malah antivirus tersebut “dimakan” duluan sama virusnya. welehh..welehhh…. 

Sedikit panduan agar proses instal dan update antivirus berjalan lancar, pertama pilih salah satu antivirus yg ingin sobat pakai. Bisa Avira, bisa juga AVG. Nahhh.. pengen yang mana nieeee…. Keputusan ditangan anda :), program antivirus dan updatenya kalau bisa di-burn kedalam CD, compaq disk bro, bukan celana d**am. hehehe….

Oke, selanjutnya download instaler antivirus di internet. Kalau malas, nodong aja ke temen yang punya ya. Next step, download update antivirus dari internet. Kalau ini wajib!!!! ga boleh ditawar-tawar. Berhasil tidaknya virus dibasmi terletak pada file ini. Terus bagi yang belum tau cara downloadnya, saya jelasin satu-satu deh

Pertama dari AVG dulu, mampir deh seminggu sekali buat update antivirusnya. Linknya http://free.avg.com/us-en/download-update. Priview websitenya seperti dibawah ini. Jika sudah ketemu seperti tampilan dibawah, tinggal klik satu link  yang paling atas/ Lingkaran yg berwarna merah. Maka setelah itu download akan berjalan otomatis. Cukup download file ini saja, yang lainnya tidak perlu.

avg

Nantinya proses update dilakukan secara manual. Tinggal cari menu update dan pilih option update from file/folder.

                                                            ===== ^0^ =======

 

Kedua, untuk antivirus Avira linknya http://www.avira.com/en/support-vdf-update-info. Priview websitenya seperti gambar dibawah. Tampilannya cukup sederhana. Tinggal klik link yang dilingkari warna merah, maka download pun akan berjalan.

avira

Proses update juga dilakukan secara manual.

Jadi, paket persenjataan sudah lengkap kan?? 1 file antivirus dan 1 file updatenya??

Next  -->  Instal dari CD –> Update File antivirus –> Scan Semua File/Folder

Selamat membasmi virus komputer :D

 

                                                                ====== ^0^ =======

 

 

original writted by @_kazuma

3 komentar:

  1. weh... langsung dari pengalaman.. berarti dah teruji ne... heheheh! keep posting bro. ane lagi hiatus nih. mandeg ide.

    BalasHapus
  2. haah?? hiatus?? kyk mangaka aja... wkwkw..

    BalasHapus
  3. nice info sob,di tunggu info selanjutnya

    BalasHapus