Home

Automatic Update yg Bermasalah di Windows 7

Apakah sobat termasuk pengguna Windows 7? Apakah komputer sobat memiliki koneksi ke internet? Jika ya maka saya sarankan sobat harus berhati-hati ketika mengklik notifikasi update windows. Karena sudah lumayan banyak saya temukan komputer yg  bermasalah gara-gara update windows ini. Pada kondisi normal untuk update windows biasanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit – 1 jam. Namun apabila lebih dari 6 Jam (bahkan pernah lebih dari 1 hari) proses update windows belum selesai juga, besar kemungkinan update windows tersebut bermasalah. Efeknya komputer tidak bisa digunakan selama proses udpate itu. Bahkan hal ini terjadi pada komputer yg sudah menggunakan Windows 7 yg ber-licensi. Nah lho??? apalagi yg “aspal” ya??

vista-patch-bandaid-sp1Pada dasarnya automatic update windows adalah salah satu fitur yg disediakan dalam windows 7 agar sistem operasi yg kita gunakan selalu ter-update.  Dalam artian sederhana update windows dapat digambarkan sebagai plester penambal dalam payung yang berlubang, dimana masih banyak bagian berlubang yang perlu ditambal ulang. Dan tentu saja payungnya itu adalah windows 7. Secara default settingan automatic update dalam keadaan aktif, jadi ketika komputer sudah dalam keadaan terkoneksi ke internet maka otomatis proses update akan berjalan.

Terus cara pencegahannya gimana ni? Cara mencegah? Koq bukan cara mengatasinya? Hhe…

Sesuai kata pepatah bijak yg bilang “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, maka pada artikel ini saya ulas cara pencegahannya terlebih dahulu. Untuk cara mengatasinya akan segera saya buatkan artikelnya, jadi bagi para korban yg sudah terkena dampak automatic update yg macet harap bersabar dulu ya :)

 

Langsung saja saya uraikan tips untuk menonaktifkan  fitur automatic update aktif/jalan di windows 7

>> Jalankan Run dan ketikan services.msc, kemudian klik OK

image

>> Pada tampilan yang muncul, klik 2x pada services “Windows Update

image

>> Setting pengaturan seperti gambar dibawah, klik tombol “stop” kemudian pada startup type dipilih “disabled”. Terakhir klik Ok

image

Jika semua langkah sudah dijalankan maka fitur windows update sudah berhasil dinonaktifkan. Jadi untuk keperluan update windows nantinya, user bisa menjalankan secara manual pada menu control panel – Windows update, seperti gambar dibawah:

image

Dengan cara ini user bisa selektif untuk memilih kapan melakuan update dan pilihan apa saja yg bisa bisa diupdate. Karena tidak semua update perlu dijalankan. Cukup yang bermanfaat dan yang penting saja.

 

original writted by @_kazuma

7 komentar:

  1. maaf agan, cuma mau nambahin dikit nih, setelah itu pd Recovery di First failure harus dirubah ke Take No Action, kalau tidak Windows Auto Update akan hidup kembali, karena Default-nya Restart the Service ...

    kalau gak salah yg agan capture itu Services-nya Windows XP ya, bukannya Windows 7

    kalau ada salah2 mohon pencerahannya ... thx

    kheztelia

    BalasHapus
  2. sipp.. makasi masukannya gan, bisa dicoba ni
    Oya itu memang capture dari windows 7, klo di xp nama services nya automatic updates

    BalasHapus
  3. gan kalo auto updatenya di hidupin,,kwl nyambung ke wifi bisa macet ya laptopnya

    BalasHapus
  4. gan.......aku coba ya......makasih,,,betul betul ane nemu blog yang bermanfaat

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat, terima kasih :)

    BalasHapus
  6. terima kasih ,mudh²n berguna bwt komputer yg ada d warnet we nih ,berat bgt setiap d pake anak² maen game semenjak pake win7 :(
    klo boleh saya mau minta saran agar komputer performa nya baik saat d pake game online gimna tuh gan ?? :D
    saya pake win7 ,klo win xp ga ada masalah ..

    BalasHapus
  7. saya mengalami error di CODE 80200010 untuk solusinya bagaimana

    BalasHapus