Home

( Simple Knowledge That You Must Know About Antivirus ) Antivirus yang paling bagus???



Eh, antivirus yang paling bagus itu apa sih? Hampir semua pengguna komputer sering menanyakan pertanyaan ini. Wajar saja banyak yang kebingungan untuk menentukan antivirus apa yang harus diinstal. Tentunya dari sekian banyak antivirus yang ada mereka pasti ingin menggunakan antivirus yang paling hebat dan yang paling ampuh agar terhindar dari serangan virus komputer.

Tidak jarang juga kita temui seseorang yang membangga-banggakan bahwa antivirus yang digunakan adalah yang terbaru dan yang paling hebat. Walaupun demikian disadari atau tidak sebagain besar dari pengguna komputer tersebut jarang mengupdate antivirus yang mereka gunakan atau tidak pernah sama sekali. Hal ini menjadi percuma karena virus-virus baru dapat dengan mudah menginfeksi komputer.


Sebagai gambaran dapat diambil contoh pada kehidupan nyata dimana terdapat polisi yang bertugas menjaga keamanan kota. Lalu bagaimana jika ada seseorang yang baru saja melakukan kejahatan pencurian. Bagaimanapun juga polisi tidak dapat langsung menangkapnya tanpa disertai bukti yang kuat. Diperlukan prosedur-prosedur tertentu untuk benar-benar memastikan bahwa dia lah orang yang melakukan pencurian. Sehingga tidak terjadi kejadian salah tangkap. Jika sudah disertai saksi dan bukti yang kuat maka orang tersebut masuk ke dalam (DPO) daftar pencarian orang dan dapat segera ditangkap oleh pihak kepolisian. Analoginya seperti kejadian diatas dimana antivirus adalah polisi dan virus adalah pencuri. jadi antivirus dapat mengenali virus komputer apabila databasenya sudah diupdate. Bisa disimpulkan juga bahwa “virus selalu selangkah di depan antivirus”. Benar ga menurut anda ;)


Tapi ada koq antivirus yang sudah dapat mengenali virus baru tanpa saya perlu update. Pernyataan ini juga sudah saya alami sendiri dimana beberapa antivirus sudah memiliki fitur untuk mengenali virus baru walupun belum diupdate. Namun perlu diingat bahwa fitur ini tidak 100% dapat melindungi komputer dari serangan virus. Ada beberapa virus yang dibuat dengan algoritma yang sangat hebat oleh pembuatnya sehingga dapat lolos melewati fitur ini. Dari sudut pandang saya sendiri hal ini juga merupakan suatu kebanggaan bagi pembuat virus karena mampu membuat virus yang “pintar” mengelabui antivirus. Kagum::kagum::kagum::


Kalo begitu saya instal saja dua atau tiga antivirus di komputer saya sekalian. Busssetttttttttt….. menurut saya cara ini malah semakin tidak tepat.( Kecuali jika gabungan dari antivirus luar + antivirus lokal hal ini tidak menjadi masalah). Karena tahukah anda bahwa menginstal lebih dari 1 antivirus dalam 1 komputer dapat menyebabkan terjadinya bentrok. Hal ini disebabkan masing-masing antivirus memiliki fitur pelindung atau shield yang digunakan untuk men-scan progam-program yang sedang berjalan di komputer. Fitur ini seringkali salah mengenali program antivirus yang lain dan malah sering diaanggap virus. (Mungkin juga persaingan produk dari perusahaan antivirus tersebut sehingga tidak bisa akur _ _”). Efeknya bukannya semakin melindungi komputer, kedua program ini malah semakin menyebabkan kinerja kedua komputer menjadi lambat atau bahkan sangat... sangat… lambat.. walau malu mengakuinya dulupun saya pernah melakukannya. Hehehe.. peace..


Waaw.. waaw.. waaw.. semoga anda tidak menjadi berkecil hati karena mengetahui fakta selain penyebaran virus yang sangat cepat setiap harinya, ternyata ada beberapa virus komputer memiliki kemampuan yang sangat hebat. Jadi gimana dong… percuma jadinya saya menginstal antivirus yang paling baru? Anda tidak perlu khawatir….


Berikut ini beberapa saran yang dapat dijadikan acuan untuk memberikan perlindungan terbaik bagi komputer anda:

  1. Gunakanlah salah satu dari 10 antivirus luar terbaik pada tahun ini berdasarkan dari sini. Sebagai catatan jika anda tidak menggunakan antivirus asli sangat tidak disarankan untuk mengupdate langsung melalui internet. Akan lebih baik jika anda mengupdate secara manual walaupun sedikit merepotkan. Namun jika menggunakan antivirus yang gratis maka update-mengupdate sangatlah mudah.
  2. Teratur melakukan update antivirus (min 3 hari sekali max 2 minggu sekali). Ingat bahwa perkembangan virus baru semakin cepat. Melakukan update setiap hari apalagi setiap jam tentu lumayan merepotkan. Optimalnya update dilakukan setiap 3 hari sekali.
  3. Menggunakan antivirus lokal seperti smadav, pcmav dll (ingat diupdate juga). Jika terjadi bentrok dengan antivirus luar sebaiknya menggunakan antivirus lokal yang lain.
  4. Firewall diaktifkan Jika terhubung dalam jaringan internet. Menu pengaktifan firewall terdapat di control panel.
  5. Belajar untuk mengetahui karakteristik virus komputer . Semakin anda mengenal karatkteristik komputer semakin anda tahu cara menghindari dari serangan virus komputer. Hanya saja untuk mengetahui karakteristik virus perlu banyak pengorbanan seperti sering diinfeksi virus komputer dan sering juga melakukan instal ulang T_T
  6. Dapat mencoba artikel tips dari artikel “Menjadikan notepad antivirus yang handal” @_@"

Dari penjabaran diatas setidaknya anda sudah mulai mengerti bagaimana prosedur kerja virus dan cara mengantisipasinya. Semoga artikel ini semakin menambah wawasan anda dan tidak perlu takut lagi dengan ancaman virus komputer. Selamat mencoba :)

Writted by @_kazuma

3 komentar:

  1. fiuhhh... nulis artikel ternyata melelahkan juga:-o... keep fighting

    BalasHapus
  2. hehehehhehe.....

    terus gen coba nulis, pasti lancar. Keep in touch, bro!!

    :D :D

    BalasHapus
  3. yoilahh bro...menunggu inspirasi mengalir

    BalasHapus