Home

(Windows Only Show my Wallpaper Part2) Mengatasi Start Menu dan Tab Explorer yang Hilang 2

Lanjutan dari posting sebelumnya, ternyata masih banyak juga kasus start menu dan tab explorer yang tidak bisa muncul secara otomatis ketika sudah masuk ke tampilan windows.

Ada beberapa penyebab mengapa hal ini terjadi. Bisa berupa virus, windows mengalami corupt, atau komputer mengalami sedikit  lag (jeda) pada proses start up.

Sebagai catatan, ingat bahwa jika komputer sobat mengalami kasus seperti ini  lebih baik tidak langsung mengatakan bahwa komputer terserang virus. Hampir sebagain besar pengguna mengatakan komputernya terserang virus apabila ditemukan ketidaknormal pada komputernya. Benar sih.. tapi tidak 100% benar lho?? Kenapa demikian?? hehehe..

Hal ini karena beberapa orang yang sudah lebih berpengalaman tidak mau repot2 menjelaskan langsung mengenai detail kenapa masalah komputer ini terjadi. Sebagai contoh nyatanya coba saja ketika berkunjung ke tempat service komputer yg lumayan bagus. Iseng2 deh nanya gini gono tentang penyebab kenapa komputer rusak. Simak dan perhatikan dengan seksama penjelasannya, kalau lagi beruntung dapet deh penjelasan yang masuk akal :P

Lalu, bagaimana supaya tahu bahwa kasus start menu dan tab explorer  yang hilang ini diakibatkan oleh virus apa tidak? Mungkin sedikit berat di teknis, tapi dibawah ini beberapa penjabaran saya jelaskan dengan se-simple mungkin agar mudah diikuti :)

Jadi, untuk mengetahuinya saya bagi penyebabnya menjadi 3 (Menurut versi penulis) :

1. Akibat Virus

2. Windwos Corupt

3. Lag (jeda) pada proses Start Up

 

***  AKIBAT VIRUS  ***

Cara untuk mengetahuinya bisa dengan mengecek registry

Pertama ketik regedit di run :

image

Kemudian masuk ke alamat registry ini :

1. Computer

2. HKEY_LOCAL_MACHINE

3. SOFTWARE

4. Microsoft

5. Windows NT

6. CurrentVersion

7. Winlogon

image

Pada gambar diatas perhatikan jendelan sebelah kanan

pada field Shell klik 2x dan cek apakah value data yang tertulis Explorer.exe.

Jika tidak maka bisa dipastikan itu adalah virus karena field yang harusnya tertulis adalah Explorer.exe.

Value tersebut bisa saja kita rubah sendiri, namun hal ini tidak terlalu berpengaruh signifikan karena value tersebut akan dikembalikan lagi oleh virus apabila virus tersebut masih belum dibersihkan secara tuntas.

Cara membersihkannya ya tentu dengan menggunakan antivirus kepercayaan sobat. Dan usahakan agar antivirus yang digunakan sudah diupdate ya :)

*** Windows Corupt ***

Cara untuk mengetahui bahwa start menu dan explorer hilang akibat windows corupt yaitu dengan melakukan pengecekan registry seperti langkah diatas.

Apabila value data Shell sudah tertulis Explorer.exe dan sobat juga sudah melakukan scanning antivirus (Bisa coba lebih dari 1 kali dengan antivirus yang lain) dan hasilnya nihil, maka bisa disimpulkan windows mengalami corupt pada bagian tertentu.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu Instal ulang, repair windows dengan cd windows, atau menggunakan system restore.

Dalam kasus yang pernah saya alami, solusi system restore cukup ampuh untuk digunakan mengingat data-data yang ada masih tetap tersimpan dengan aman (kecuali program hasil instalasi)

*** Start Up Windows Mengalami Lag (Jeda ) ***

Kasus ini merupakan kasus yang paling banyak ditemui. Hal ini disebabkan windows melakukan proses start up yang lebih lama dari biasanya akibat suatu perubahan yang dilakukan pengguna sebelumnya. Bisa karena menginstal suatu aplikasi tertentu atau bisa karena menggunakan aplikasi tertentu yang berhubungan dengan windows.

Cara untuk mengatasinya juga tidak terlalu sulit dan paling mudah untuk dilakukan. Mengenai detail langkah-langkahnya bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya disini.

Biasanya cara ini hanya dilakukan 1x, maka pada saat menghidupkan komputer selanjutnya otomatis explorer akan berjalan dengan normal kembali.

**** Penutup ****

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Jika ada masukan dan kritik yang sifatnya membangun, penulis akan dengan senang hati menerimanya. Good Luck :)

original writted by @_kazuma

17 komentar:

  1. bener emang sering banget ada masalah di bagian ini

    BalasHapus
  2. tukang colong@ sering nemuin y sob? mudah2an artikel ini membantu, Good luck :D

    BalasHapus
  3. mas kok sudah saya ketik cntrol del knp task managernya engga terbuka sperti yang mas bilang ... tolongin mas , thx dr saya

    BalasHapus
  4. tanpa nama@ coba pake program registry cleaner, kemungkinan registry nya masih rusak.. bisa disearch di google gan, yg free lumyan banyak

    BalasHapus
  5. ralat: bukan ctrl + delete gan, tp ctrl + alt + delete

    BalasHapus
  6. Terimaksih bro, membantu sekali..he

    BalasHapus
  7. gmna ne laptop aq gak bsa, da aq coba tp yg kluar kyk gini "Explorer

    Only part of a ReadProcessMemory or WriteProcessMemory request was completed
    " tolong bantuin aq ,

    BalasHapus
  8. Gan,
    gimana ya kok USB mouse nya gak mau gerak
    dan waktu nancepin flashdisk nggak bisa,
    apa itu disebabkan virus/fitur USBnya disable,
    skian trimakasih

    BalasHapus
  9. @anonim: waduh.. itu pas gmananya tampil kyk gtu gan?
    @adit: fitur disable usb hanya berpengaruh ke media penyimpanan aja gan, harusnya usb mouse/keyboard ga ada masalah, bs jadi port usb di komputernya yg bermasalah

    BalasHapus
  10. gmn mau masuk ke registry mas(ngcek virus dll),..wong start menunya aja ga muncul

    BalasHapus
  11. @alghi: udah dicoba jalanin explorer lewat run belum? ada hasilnya kah?

    BalasHapus
  12. ah gaak seruh ini gan ...masak ada banyak pertanyaan dari teman" diatas gak ada jawabannya gimana sih~!!! sakit ati twk

    BalasHapus
  13. haha.. kyk putus cinta aja gan sakit hati :P
    tips diatas hanya solusi pintas untuk windows yg belum parah banget rusaknya
    klo emang lumayan parah coba instal ulang deh :)

    BalasHapus
  14. gimana nie gan saya punya playdisk, dan teman saya copy games tapi gk bisa terbuka kan gimana tuh cara nya agar dapat kita pake gamesnya

    BalasHapus
  15. Gan, saya udah buka regedit-hkey machine-software-microsoft- tapi gaada microsoft nt.

    BalasHapus
  16. Gan, saya udah buka regedit-hkey machine-software-microsoft- tapi gaada microsoft nt.

    BalasHapus
  17. Gan, and udah ctrl+alt+del tapi di layar cuma berubah jd item doang trs beberapa detik kemudian balik ke wallpaper semula.

    BalasHapus